American Jeep

Berikut berbagai macam Jeep, mulai dari yang terdahulu hingga konsep dimasa datang

Jeep M38 A1

Jeep Willys Station Wagon

Jeep CJ7 Renegade

Jeep CJ8 Scrambler

Jeep Renegade II 1971

Jeep Commanche

Jeep Wagoneer

Jeep Gladiator

Jeep XJ Cherokee Classic

Jeep Willys II

Jeep YJ Wrangler

Jeep TJ Wrangler UK Version

Jeep Wrangler Rubicon King

 Jeep Wrangler J8 Sarge

Jeep Wrangler Unlimited Rubicon

Jeep KK Cherokee

Jeep Patriot Concept
Jeep Gladiator Concept
Jeep Rescue

Jeep Grand Cherokee 2011

Jeep M715

Pada tahun 1965, Jeep mengembangkan truk tentara M715, versi militer dari Jeep seri CJ yang bertugas secara ekstensif di Vietnam.

Seri CJ (Civilian Jeep) dimulai pada tahun 1942 dengan CJ2A, diikuti oleh CJ3B pada tahun 1953. Jeep ini awalnya sering disebut'Flatfenders'  karena bagian depan dari fender depan memiliki bagian yang datar, sama seperti presedor militer mereka, Willys MB & Ford GPW. Prototipe CJ4 hanya ada pada 1951, dan merupakan flat-fender antara CJ2A & CJ3B. Jeep CJ5 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955.

The First 'Jeep'




Ketika akhirnya jelas bahwa Amerika Serikat akan mengikuti perang yang berkecamuk di Eropa, Militer AS menghubungi 135 perusahaan untuk membuat prototipe dari mobil pengintai berpenggerak 4 roda. Hanya dua perusahaan yang menanggapi permintaan, yaitu American Bantam Car Company & Willys Overland. AD Amerika telah menetapkan apa yang tampak mustahil dalam batas waktu 49 hari untuk membuat sebuah prototipe. Willys meminta waktu lebih tapi ditolak. American Bantam Car Companymembawa Karl Probst seorang designer freelance yang berbakat dari Detroit. Setelah menolak permintaan awal dari Bantam, Probst menerima pekerjaan setelah diminta lagi oleh AD. Mulai bekerja pada 17 Juli 1940 & pada awalnya tidak menerima gaji.

Setelah Probst memperkirakan biaya kendaraan, tawaran Bantam diserahkan pada 22 Juli, lengkap dengan cetak Blueprint. Dan akhirnya setelah pengerjaan kendaraan selesai, kendaraan itu diuji coba pada 21 September. Kendaran memenuhi kriteria AD, tapi mesin tidak memenuhi persyaratan torsi AD.

Tentara merasa perushaan Bantam terlalu kecil untuk memasok jumlah kendaraan yang dibutuhkan, sehingga design Bantam diberikan pada Willys & Ford yang didorong untuk melakukan perubahan & modifikasi sendiri. Hasilnya, prototipe Ford 'Pygmy' & Willys Quad terlihat sangat mirip dengan prototipe BRC Bantam.

Tiga model masing-masing mebangun 1500 kendaraan. Chief Engineer Willys Overland, Delmar 'Barney' Rose membuat perubahan design untuk memenuhi spesifikasi berat yang direvisi. Dengan demikian ia menggunakan Willys kuat dengan mesin 'Go Devil' & memenangkan kontrak produki awal. Versi Willys yang ditunjuk untuk menjadi design jip standar yaitu MB Model & dibangun dipabrik mereka, di Toledo, Ohio. Logam grill Jeepyang familiar itu, sebenarnya design Ford & dimasukan kedalam design akhir oleh AD Amerika.

Sejak departemen perang membutuhkan sejumlah kendaraan dalam waktu produksi yang singkat, pemerintah AS memberikan lisensi non-eksklusif pada Willys untuk mengizinkan perusahaan lain untuk memproduksi kendaraan yang menggunakan spesifikasi Willys. Tentara memilih Ford sebagai pemasok kedua. American Bantam, pencipta 'Jeep' pertama, menghabiskan sisa perang dengan membangun Trailer Heavy-Duty untuk AD.

Jeep versi akhir yang diciptakan Willys adalah MB Model, sedangkan yang dibangunFord adalah GPW Model. Keduanya memproduksi sekitar 640.000 jip, yang sekitar 18% dari kendaraan Militer Amerika saat itu.

Jeep telah banyak ditiru di seluruh dunia, termasuk di Prancis oleh Delahaye & Hotchkiss, termasuk di Jepang oleh Mitsubishi & Toyota. Museum of  Modern Art Jeep digambarkan sebagai karya desain fungsionalis. Jeep dipamerkan sebagai bagian dari koleksi.

Dalam militer AS, jip ini telah digantikan oleh sejumlah kendaraan, misalnya Ford MUTT M151 & yang terkhir adalah High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV atau "Humvee") atau yang lebih nge-trend dengan nama 'Hummer'.

Asal Muasal 'Jeep'

Jeep adalah sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk mobil jip. Jeep adalah kendaraan off-road tertua yang ada didunia. Kendaraan Jeep pertama kali muncul pada perang dunia kedua. Saat itu, Jeep dipakai sebagai kendaraan militer AD Amerika & sekutu.

Ada banyak penjelasan tentang asal muasal kata 'Jeep'. Teori yang paling banyak dipegang ialah bahwa militer Amerika menunjuk sebuah kendaraan menanggung yaitu GP ('General Purpose' atau berarti 'Tujuan Pemerntah') yang kemudian melantur pada kata 'Jeep'.

Penjelasan lain ialah berasal dari sebuah kartun 'Popeye' yang diciptakan oleh EC Siregar, yaitu 'Eugene Jeep'.

Kata 'Fighting Forces' oleh Clinton A. Sanders pada kamus Slang Militer yang diterbitkan tahun 1942, memberikan definisi seperti ini:
"Jeep: Sebuah kendaraan Four-Wheel Drive dengan kapasitas satu setengah ke satu setengah ton untuk pengintaian atau tugas tentara lainnya. Sebuah istilah yang diterapkan pada mobil bantam atau kendaraan bermotor lainnya (di Amerika) di Korps Udara, Link Trainer, Pasukan Lapis Baja, Kendaraan Perintah ½ ton. Juga disebut sebagai setiap pesawat kecil, helikopter atau gadget."

Definisi ini didukung oleh istilah 'Jeep Carrier' untuk merujuk pada operator kecil AL.

Awal tahun 1941, Willys Overland menunjukan kemampuan kendaraan off-road ketika ditest oleh test driver Willys, Lrving 'Red' Haussmann yang baru saja mendengar tentara di Fort Holabird menyebutnya sebagai 'Jeep'. Ketika ditanya oleh wartawanWasington Daily News, Lrving menjawab, "Itu sebuah Jeep".

Merek nama Trademark asli diaplikasikan pada bulan Februari 1943 oleh Willys Overland. Sebagai satu-satunya perusahaan yang terus-menerus menghasilkan kendaraan Jeep setelah perang, pada Juni 1950 Willys-Overland diberi hak istimewa yang memiliki nama "Jeep" sebagai merek dagang terdaftar.

Komentar

Postingan Populer