Situs Inspiratif untuk Desainer Kao

Desainer adalah salah satu profesi yang paling banyak membutuhkan inspirasi. Inspirasi sebenarnya bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja. Salah satu cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan melihat-lihat beberapa situs di internet yang secara khusus memang membahas desain dan segala uneg-unegnya. Selain mudah diakses, inspirasi di internet biasanya gratis. Berikut kelima situs yang siap memberi inspirasi para desainer kaos Indonesia.
1. Design By Humans (DBH)
DBH
Situs yang bermarkas di USA ini sejatinya adalah penjual kaos. Uniknya, kaos-kaos yang dijual sebenarnya bukanlah sembarang kaos melainkan kaos yang menjadi pemenang sayembara desain di DBH. Karena menggunakan sistem sayembara dengan hadiah lumayan besar, para desainer bisa menyelam sekaligus meminum air (baca: selain lihat-lihat desain kaosnya, kamu juga bisa mengikuti sayembaranya).
Threadless
Situs ini hampir mirip dengan DBH, hanya saja Threadless lebih meriah dan lebih sering membombardir pengunjungnya dengan desain-desain terbaru. Di sini, para pengunjung dan calon pembeli selalu disuguhi desain-desain kaos terbaru dalam rentang harian, bukan per sayembara laiknya DBH. Bila tidak sedang bokek, kamu juga bisa sesekali membeli kaos dari Threadless. Harga-harga kaosnya termasuk relatif terjangkau untuk ukuran desainer Indonesia, USD $10 per pcs (kalau lagi diskon).
Ini dia situs wajibnya para desainer. Smashing Magazine tidak hanya menjadi rujukan bagi para desainer secara umum, tapi juga sudah menjadi barometer desain di internet. Entah itu untuk web design, T-Shirt design, Typeface design, UI design, Theme design, maupun e-store design. Hampir semua yang dicari oleh desainer ada di sini.
Situs ini memang tidak menjadikan dirinya sebagai penyedia informasi desain T-Shirt, tapi beberapa tulisan yang diterbitkan di sana bisa menjadi standar rujukan bagi para desainer T-Shirt untuk menambah pengetahuan dan keterampilan desainnya.
Coba baca ini nih …. Design Something Everyday!
Go Media Zine
Dari desainer untuk desainer. Situs ini dikelola oleh Go Media, sebuah biro desain (design egency) dari USA. Materinya sangat cocok dibaca oleh para desainer T-Shirt. Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu dari Go Media adalah bonus-bonusnya yang dilepas secara gratis. Entah itu T-Shirt atau Hoodie template, maupun koleksi gambar vektor yang berkualitas tinggi.
5. Emptees
Connected
Dari desainer, oleh desainer, untuk desainer. Inilah emptees. Di emptees kamu bisa mendaftar jadi anggota lalu menunjukkan hasil karyamu kepada semua pengunjung dan juga anggota-anggotanya. Setelah sempat beberapa kali mengunjungi emptees, saya jadi tahu bahwa beberapa karya desainer di sini ternyata sering dijiplak secara membabi buta oleh desainer Indonesia. Meskipun begitu, masih ada juga desainer lokal di sana yang teguh mendesain tanpa menjiplak karya desainer luar. Mantap!

Komentar

Postingan Populer